Kumpulan Resep Lainnya

Tips Mudah Menyiapkan Cumi Saus Padang, Lezat Sekali Bunda Susi

LEZAT, NIKMAT, MUDAH dan Anti GAGAL.

Cumi Saus Padang. Saus padang adalah salah satu cara favorit untuk menghidangkan seafood, termasuk cumi. Cumi yang digoreng tepung kemudian dilumuri saus padang yang asam, manis dan pedas membuat Cumi Saus Padang paling sering dipesan di restoran tepi pantai. Lihat juga cara membuat Cumi cumi saos padang 🦑 dan masakan sehari-hari lainnya.

Cumi Saus Padang Selain dimasak dengan saus padang sering juga diolah sebagai cumi saus mentega, cumi goreng tepung atau cumi bakar. Cumi saus padang merupakan salah satu olahan cumi-cumi dengan saus cabe melimpah sehingga rasanya pedas menyengat. Olahan dengan saus padang ini akan banyak kita temukan di tempat makan yang menyajikan aneka seafood, seperti cumi, kepiting, kerang, dan ikan.

Anda sedang mencari inspirasi resep cumi saus padang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cumi saus padang yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cumi saus padang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cumi saus padang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Saus padang adalah salah satu cara favorit untuk menghidangkan seafood, termasuk cumi. Cumi yang digoreng tepung kemudian dilumuri saus padang yang asam, manis dan pedas membuat Cumi Saus Padang paling sering dipesan di restoran tepi pantai. Lihat juga cara membuat Cumi cumi saos padang 🦑 dan masakan sehari-hari lainnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cumi saus padang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cumi Saus Padang memakai 15 bahan dan 16 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cumi Saus Padang:

  1. Sediakan 1/2 kg cumi-cumi.
  2. Gunakan 9 siung bawang merah.
  3. Gunakan 5 siung bawang putih.
  4. Siapkan 1/2 siung besar bawang bombay (kalo kecil 1 boleh).
  5. Ambil 15 buah cabe rawit.
  6. Sediakan 3 buah cabe merah besar.
  7. Sediakan 1 ruas jahe.
  8. Sediakan 1 batang daun bawang pre.
  9. Ambil 5 lembar daun jeruk.
  10. Gunakan 2.5 sdm saos sambel.
  11. Sediakan 2.5 sdm saos tomat.
  12. Sediakan 1 sdm saos tiram.
  13. Siapkan 1 butir telur ayam.
  14. Sediakan Secukupnya garam, gula, dan lada.
  15. Sediakan Secukupnya minyak goreng.

Resep lain : Resep Ayam Betutu Khas Bali Anti Gagal Bunda Susi

Dahi saya selalu mengernyit ketika membaca menu ini. 'Memang daerah padang punya sajian saus yang populer dan fenomenal?' 'Maksudnya masak ala sambal balado kah?' Saya selalu gagal paham dan tidak bisa membayangkan bagaimana cita rasa pasti. Siapa yang tidak suka olahan seafood pasti banyak yang menyukainya bukan. Kali ini Resep Koki akan memberikan resep seafood dengan bahan utama cumi. Daging cumi yang lezat ditambah dengan bumbu-bumbu istimewa serta saus padang yang enak pasti akan membuat Anda tidak sambar untuk menyantapnya.

Langkah-langkah membuat Cumi Saus Padang:

  1. Bersihkan cumi, buang kantung tinta dan tulang yang seperti sedotan. Pastikan cuminya masih seger, kalo masih seger tandanya kantung tinta enggak pecah (masih utuh) kantung tinyanya yang warna silver ya...
  2. Cuci bersih sampai tidak mengeluarkan tinta.. airnya bening pas direndam..
  3. Kulit ari boleh dikelupas, boleh tidak.. sesuai selera aja. Kemudian potong2 sesuai selera.. mau dibikin utuh jg boleh..
  4. Setengah kilo kira2 segini ya.. pada tahap ini boleh diberi jeruk nipis agar tidak amis. Saya enggak, karena saya baru bersihkan cuminya pas sudah mau dimasak.. jadi saya siapin bumbunya dulu, baru ngurus cuminya😅.
  5. Haluskan bawang merah-putih, cabe rawit, cabe merah besar. Geprak jahe, kemudian cincang kasar bawang bombay, iris daun bawang pre dan iris tipis daun jeruk/diremas kasar. Kalo diuleg seperti saya.. spy memudahkan nguleg cabe merahnya boleh direbus dulu..
  6. Panaskan minyak, tumis bawang merah-putih sampai matang...
  7. Masukkan bawang bombay yang sudah dicincang. Aduk rata sampai bawang bombay layu..
  8. Masukkan jahe yang sudah digeprek..
  9. Masukkan cabe2an 😁 tumis hingga tidak langu..
  10. Masukkan daun jeruk.. tumis hingga wangi..
  11. Jika bumbu sudah tidak langu.. masukkan cumi. Beri sedikit saja air kira2 1 sendok sayur.. karena nanti cumi jg mengeluarkan air. Masak dengan api sedang cenderung besar..
  12. Beri saos sambal, saos tomat, dan saos tiram. Aduk rata. Kemudian beri garam, gula, dan lada bubuk. Tes rasa..
  13. Jika rasa sudah pas, dan kuah sedikit mengental.. beri telur ayam.. kemudian aduk rata dengan cepat..
  14. Terakhir berikan daun bawang pre, aduk rata..
  15. Jadi deh.. yuuuk bikin☺️😁 gampang banget.. bumbunya juga pasti ada di dapur. Btw ini cabe rawit 15 gak pedes sama sekali wkwkw kalo mau warnanya yang merah gonjreng yaa banyakin cabe merah besar.. atau pake cabe keriting. Tapi makanan kan gak selalu harus tampilannya bagus.. yang penting rasanya enak + sehat itu udah lebih dari cukup.. ya nggak?😌☺️.
  16. Setengah kilo dapetnya lumayan banyak bisa dibuat makan 3-4x.. daripada beli di seafood tenda mahal😂 dapetnya juga dikit😒😞 oiya, masak cumi kalo mau empuk kira2 10 menit aja udah mateng.. kalo mau lama juga gpp tetep bisa empuk kok.. 😃mau dibikin cepet ya cepet, lama ya lama aja sekalian masaknya hehehe gitu pokoknya😝😃.

Memasak cumi-cumi, apa pun jenis olahannya, jangan lama-lama, Bunda. Sebab, tekstur cumi-cumi yang lembut bisa berubah keras jika dimasak terlalu lama. Resep Cumi Saus Padang Resep Cumi Saus Padang, Favoritnya Warung Seafood Kaki Lima; Resep Cumi Saus Padang, Favoritnya Warung Seafood Kaki Lima. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Coba resep Cumi Saus Padang lezat a la tenda seafood, yuk!

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cumi saus padang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!


Resep lainnya :

  • Resep Cumi Saus Padang, Enak Banget Bunda Susi
  • Tips Mudah Membuat Nastar Nanas by Shinta Anti Gagal Bunda Susi
  • Resep Semur Bandeng dan Tahu yang Lezat Bunda Susi
  • Tips Praktis Menyiapkan Bolu Singkong Kismis Panggang Anti Gagal Bunda Susi
  • Resep Cumi Saus Padang Anti Gagal Bunda Susi